5.12.09

Konsep sistem oprasi



Untuk memahami kemampuan sistem operasi, adalah penting untuk memahami beberapa istilah dasar. Istilah berikut sering digunakan ketika membandingkan sistem operasi:

* Multi-user - Dua atau lebih pengguna dapat bekerja dengan berbagi program dan device tersebut, seperti printer, pada saat yang sama.
* Multi-tasking - komputer mampu beroperasi beberapa aplikasi pada waktu yang sama.
* Multi-processing - komputer dapat memiliki dua atau lebih central processing unit (CPU) yang program berbagi.
* Multi-threading - Suatu program dapat dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang dapat dimuat seperti yang dibutuhkan oleh sistem operasi. Multi-threading memungkinkan program-program individu untuk menjadi multi-tugas.

Hampir semua sistem operasi modern adalah multi-user dan multi-tasking, dan mereka mendukung multi-processing dan multi-threading.

Real mode
sebuah cpu yang beroprasi dalam mode real dan dapat mengakses sutu program pada satu waktu,Dalam mode real, ketika aplikasi membuat kesalahan, seluruh komputer dapat terpengaruh karena program memiliki akses langsung ke memori. Hal ini dapat menyebabkan komputer berhenti merespons, restart, atau shut down karena korupsi dari ruang memori. Gambar 2 adalah diagram dari beberapa perintah DOS umum yang masih dapat digunakan dalam sistem operasi modern, seperti Windows XP.

protected mode
Sebuah CPU yang beroperasi dalam protected mode memiliki akses ke semua memori di komputer, termasuk memori virtual. Virtual memory adalah ruang hard disk yang digunakan untuk meniru RAM. Sistem operasi yang menggunakan modus yang dilindungi dapat mengelola beberapa program secara bersamaan. Protected mode 32-bit,Protected mode digunakan oleh 32-bit sistem operasi, seperti Windows 2000 atau Windows XP.

Virtual Real Mode
Sebuah CPU yang beroperasi dalam mode real virtual memungkinkan real-mode untuk menjalankan aplikasi dalam mode yang dilindungi sistem operasi. Ini dapat dibuktikan ketika aplikasi berjalan di DOS 32-bit sistem operasi, seperti Windows XP.


Mode Kompatibilitas
Modus kompatibilitas menciptakan lingkungan sistem operasi sebelumnya untuk aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem operasi saat ini. Sebagai contoh, sebuah aplikasi yang akan memeriksa versi sistem operasi dapat ditulis untuk Windows NT dan membutuhkan paket layanan tertentu.


0 komentar:

Posting Komentar